Pengertian Fungsi ODP Fiber Optik Lengkap!

Daftar Isi [Tutup]
    Pengertian Fungsi ODP Fiber Optik Lengkap!


    Halo temen-temen kembali lagi di blog ilmu satria bersama saya Satria Fadhil Muhammad, pada kesempatan kali ini saya mau berbagi informasi mengenai fungsi odp fiber optik.Yuk tanpa berlama-lama kita langsung menuju pada topik pembahasanya kali ini.


    Mengenal Fiber Optik


    Fiber Optik


    Fiber Optik menurut wikipedia adalah sebuah saluran transmisi atau sejenis kabel yang berbahan dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mengirim sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED.


    Pengertian ODP Fiber Optik

    ODP merupakan singkatan dari Optical Distribution Point yang ialah suatu fitur pendukung layanan fiber optik yang berperan sebagai titik terminasi kabel drop optik ataupun tempat untuk membagi satu core optic ke beberapa pelanggan (halte).Pengertian odp sendiri juga berkaitan dengan fungsi odp fiber optik yang akan dijelaskan dibawah ini.


    Fungsi ODP Fiber Optik

    Fungsi ODP fiber optik adalah memisahkan satu core optic dari jalur utama (provider) ke beberapa pelanggan, dengan memakai komponen passive splitter.


    Macam-Macam ODP Fiber Optik

    ODP sendiri dibagi menjadi 3 macam yaitu :


    ODP Closure

    ODP Closure merupakan suatu kotak gelap yang terpasang pada kabel jaringan telepon utama SCPT serta kabel SSW, serta untuk letak pemasangan dapat terletak dekat dengan tiang telepon atapun terpasang pada pertengahan kabel diantara 2 tiang telepon.


    ODP Pole

    ODP Pole merupakan suatu kotak halte kabel fiber optik yang di pasang pada tiang kabel telepon yang berperan sebagai tempat untuk membagi core serat optic dari kabel utama ke pelanggan sehingga apabila rumah kamu dekat dengan kotak ODP Pole/ODP Wall lebih gampang bila mau mengajukan pemasangan jaringan indihome.


    Gimana bila tempat tinggal kamu jauh dari ODP Pole ataupun berjarak lebih dari 100 m, hingga untuk jadi pelanggan indihome kamu wajib membeli sendiri bonus kabel fiber (bila rumah kamu berjarak lebih dari 100 m dari Box ODP Pole).


    ODP Pedestal

    ODP Pedestal merupakan suatu tabung yang berisi sambungan kabel fiber optik yang di taruh di atas tanah, serta biasanya ODP Pedestal ataupun ODP tanah di pasang di dekat komplek perumahan maupun zona perkantoran.


    Kesimpulan

    Jika kalian sudah membaca beberapa informasi mengenai artikel diatas bisa kisa ambil kesimpulanya bahwa odp dibagi menjadi 3 macam dan fungsi odp fiber optik tertera dengan jelas.


    Demikianlah artikel untuk kali ini semoga bermanfaat bila masih terdapat pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar dibawah, terima kasih.

    Tinggalkan Komentar

    Kebijakan Berkomentar :
    1. Dilarang menggunakan link dalam bentuk apapun itu
    2. Dilarang berkomentar berbaru SARA dan Menyudutkan ras tertentu
    Perilaku baik seseorang dicerminkan dari komentar yang baik pula.